Kegiatan Pertemuan Integrasi Program Kesehatan Masyarakat Dengan Lintas Sektor di Kabupaten Langkat Dengan Tim Pendamping dari Fkm USU

Integrasi program kesehatan masyarakat dengan lintas sektor di kabupaten langkat. pendampingan penyusunan program kesehatan telah dilaksanakan selama beberapa bulan ini dan kita sudah dapat menyusun program dan kegiatan yang akan terwujud menjadi Rencana Kerja (Renja) Dinas Kesehatan Kabupaten Langkat dengan bimbingan dan arahan tim pendamping dari FKM USU.

Renja Dinkes Langkat
Plt. Kadis Kesehatan Dr. Juliana dan Tim Pendamping USU (Prof. Ida)

Pendampingan ini sudah dilakukan di langkat beberapa kali yang diikuti peserta dari puskesmas yaitu kepala puskesmas dan petugas perencana puskesmas baik pertemuan dengan tatap muka maupun daring (Zoom Meeting). Pendampingan penyusunan program kesehatan juga diikuti oleh personil dari Dinas Kesehatan dengan peserta seluruh pejabat struktural yang ada di Dinas Kesehatan.

Dinas Kesehatan Kabupaten Langkat mempunyai tugas pokok untuk merumuskan kebijakan sistem kesehatan Kabupaten Langkat dan melaksanakan kegiatan tehnis operasional di Bidang Kesehatan yang meliputi kesehatan masyarakat, pencegahan dan pengendalian penyakit, pelayanan kesehatan dan sumber daya kesehatan. Dinas Kesehatan mempunyai tugas membantu bupati dalam melaksanakan pembangunan bidang kesehatan. untuk menyelenggarakan tugas tersebut dibutuhkan suatu rangkai acuan dalam bentuk perencanaan program dan kegiatan kesehatan.

Kita harapkan dengan adanya kegiatan pertemuan lintas sektor ini dapat diperoleh masukan masukan dari instansi terkait sehingga diperoleh suatu rancangan program dan kegiatan yang sesuai dengan kebutuhan atau keadaan masyarakat langkat dengan memanfatkan data yang tersedia. intervensi program kesehatan tidak lagi dilakukan sendiri oleh masing masing program di dinas kesehatan. koordinasi antara lintas sektor terkait sangat dibutuhkan dalam proses perencanaan, pelaksanaan maupun evaluasi program kesehatan. 

Partisipasi dari semua pihak sangat diharapkan dalam menyempurnakan penyusunan program kesehatan masyarakat sehingga perencanaan yang dirancang sesuai dengan manfaat bagi keberhasilan pelaksanaan program kesehatan di Kabupaten Langkat. 

Plt. Kadis Kesehatan dalam kesempatan ini mengingatkan untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan dalam Adaptasi Kebiasaan Baru yaitu Memakai Masker, Mencuci Tangan Pakai Sabun/Handsanitizer, Menjaga jarak.

Peserta Pertemuan :

  1. Pendamping dari FKM USU
  2. Seluruh Pejabat Strukural di Dinkes Langkat
  3. Komisi B DPRD kab. Langkat
  4. OPD se Kabupaten Langkat
  5. Camat sekabupaten Langkat
  6. BPJS
  7. Bank SUMUT